Thursday, November 12, 2015

Mengenal Tokoh Antasena di dalam dunia perwayangan


Antasena
Apakah wayang itu??? Wayang adalah seni tradisional yang berasal dari daerah jawa, yang pertunjukannya
memiliki kelengkapan, atau pendukung pertunjukan, seperti gamelan, sinden, dan kelir serta masih banyak lagi.
Pengertian wayang juga sudah admin posting di blogg ini, lihat saja artikel yang terdahulu,

Baiklah kita mulai saja, siapakah Antasena itu? Antasena adalah sebutan nama singkatnya, sedangkan tokoh ini memiliki nama lain yakni Anantasena, merupakan salah satu tokoh pewayangan yang terdapat dalam cerita Mahabarata. Tokoh ini sering disebut sebagai anak bungsu atau bahasa jawanya ragil, dari tokoh Bimasena atau saudara lain ibu dari Antareja dan Gatotkaca.

Akan tetapi dalam pewayangan zaman sekarang, para dalang Surakarta sudah biasa memisahkan tokoh Antasena dengan Antareja, sebagaimana yang dilakukan oleh para dalang Yogyakarta.


Antasena


Asal-usul nya...
Antasena merupakan putra bungsu dari Bimasena atau Werkudara, ia di lahirkan oleh seorang ibu yang bernama Dewi Urangayu putri Batara Aruna, Bima menikah dengan Urangayu dalam cerita Kali Serayu Binangun, yaitu saat Pandawa dan Kurawa berlomba untuk membuat sungai tembus ke samudera. Bima meninggalkan Urangayu dalam keadaan mengandung ketika ia harus kembali ke negeri Amarta.




Antasena

Karakterrnya
Antasena digambarkan berwatak polos dan lugu, namun teguh dalam pendirian. Dalam berbicara dengan siapa pun, ia selalu menggunaka sehingga seolah-olah tidak mengenal tata krama. Namun hal ini justru menunjukkan kejujurannya di mana ia memang tidak suka dengan basa-basi duniawi.
Dalam hal kesaktian, Antasena dikisahkan sebagai putra Bima yang paling sakti. Ia mampu terbang, amblas ke dalam bumi, serta menyelam di air. Kulitnya terlindung oleh sisik udang yang membuatnya kebal terhadap segala jenis senjata.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Tokoh Antasena di dalam dunia perwayangan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.